Pengajar ahli kehidupan

Dalam hidup di dunia manusia tentu selalu diberikan masalah atau persoalan oleh Tuhan, karena hidup adalah perjalanan dari masalah satu ke masalah lainnya. Dan dengan masalah itu pulalah manusiakan belajar, belajar mengenai hidup, dan pastinya belajar menjadi lebih baik. Dan tentunya dalam hal ini manusia itu mestinya belajar dengan ahlinya, dengan pengajar ahli kehidupan, yang dapat mengajari manusia hingga mampu menjalani kehidupannya dan menghadapi serta menyelesaikan persoalan atau masalah hidup secara baik, dan juga yang dapat memberikan inspirasi hidup positif. Rasanya memang mesti manusia dalam hidup itu belajar dengan ahlinya. Dan mungkin tidak sulit untuk mendapatkan ahli pengajar kehidupan yang berkualisifikasi bagus, jika semua berpegang pada Iman tentunya, dan juga menempatkan setiap hal pada yang semestinya. Kalau begitu, siapa ya pengajar ahli kehidupan itu? Kalau menurut saya sih, yang utama adalah Allah SWT, yang tentu pengajarannya melaui Kitab Suci Al-Qur’an yang dicipta sebagai pedoman hidup. Lalu kemudian Rasulullah SAW, yang saat ini tentu melalui tauladan dari hadist serta sunahnya, (Kalau beliau masih hidup, beliaulah manusia yang langsung menjadi pengajar ahli kehidupan yang paling baik dan berkualitas). Pengajar ahli kehidupan lainnya adalah diri sendiri melaui pengalaman hidup dan cermin diri, serta sikap diri yang selalu mengambil inspirasi positif dari setiap hal (pondasinya tentu keimanan—selalu bersumber pada Allah SWT). Lalu Orang lain, terutama yang sudah mengalami pelajaran berharga dalam hidup, bentuknya berupa nasehat; Atau orang tanpa pengalaman namun diberi pemikiran yang baik untuk di share juga dapat pengajar ahli kehidupan. Pengajar ahli kehidupan juga adalah orang-orang yang ahli dalam bidangnya masing-masing, seperti jika mempunyai masalah dengan bidang hukum, maka membutuhkan bantuan dari ahli hukum, kalau menyangkut agama berarti ahli agama, ahli sunah, dan lain-lain sesuai bidangnya masing-masing. Walau rasanya tetap tidak mudah menjadi siswa pelajar kehidupan yang baik, dan tidak mudah juga menjadi pribadi yang dapat dikatakan sebagai pengajar ahli kehidupan tersebut, saya sendiri rasanya belum mampu. Dan semua pelajaran-pelajaran hidup itu tentunya harus selalu online dan terloading secara mudah ke otak, fikiran dan hati manusia. Walau mungkin setiap hal ikhtiar hidup itu terkadang sulit dan berat, namun Tuhan itu pastinya memberikan setiap hal pada manusia sesuai kemampuan manusia, bahkan terkadang Tuhan memberikan karunia kebahagiaan (bonus) hidup secara gratis, maka harusnya manusia dapat belajar kehidupan secara benar, dan mampu menjadi sahabat jiwa, waktu dan hikmah dengan baik. Ya ga? Postingan ini sebenarnya ditulis karena terinspirasi oleh sebuah situs online dan sebelumnya pernah saya posting, tapi kemudian saya simpan di draf blog saya sementara, dan sekarang saya posting kembali dengan beberapa editing, semoga setelah di edit menjadi lebih baik dari sebelumnya… Dan saya juga memepersilahkan bro dan sis yang mengunjungi blog saya untuk sharing ilmu, inspirasi positif, kritik, dan komentarnya di blog ilmu inspirasi air ini…
Previous article
Next article

3 Komentar

  1. salam hangat! saya sedang menyimak pencerahan

    BalasHapus
  2. sabar mas mungkin ada gejala google dance yang membuat blog ini tidak masuk SERP lagi, coba 1 minggu sekali posting 1 1 artikel, semoga membantu :)

    BalasHapus
  3. @secangkir teh sekerat roti, salam kembali, thanks sdah berkenan berkunjung ke blog ilmu_air
    @made gelgel, saya perempuan bukan mas-mas, thanks atas saran dan suportna, tapi... 11 posting dalam seminggu??? whuaa... kayana saya ga bisa klu mesti posting 11 artikel seminggu sekali...
    btw google dance itu apa bro? saya newbie dunia SERP dan google...

    BalasHapus

Silahkan share saran, kritik, ilmu, inspirasi positifmu di ilmair. Berkomentarlah dengan bijak. Spam akan saya hapus.
Mohon di-setting publik profile blog-nya ya, agar tidak ada profile unknown yang bisa menjadi broken link di blog ini.
Terima kasih ....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel