anti narkoba (drug) dan rehabilitasi pecandu narkoba (drug)

Hari ini tepatnya tanggal 26 juni 2010, merupakan spedial day, karena 26 Juni itu diperingati sebagai hari anti narkoba dan perdagangan gelap sedunia (International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking), yang pertama kali di putuskan oleh Majelis Umum PBB. Kali ini blog ilmu_air ingin juga membahas sedikit tentang narkoba (drug) dan sedikitnya juga tentang rehabilitasi pecandu narkoba (drug).

Masalah narkoba memang telah terhampar di seluruh penjuru dunia, sudah banyak manusia yang kecanduan obat-obatan terlarang itu, kehidupan dan masa depan sebagian generasi muda hancur karena narkoba, bahkan berapa jiwapun telah melayang karena narkoba. Obat-obatan haram itu memang mempunyai daya rusak yang luar biasa bagi kehidupan namun tidak pula sedikit manusia yang menggunakannya atau kecanduan narkoba, dengan beragam pula alasan dan penyebabnya. Narkoba juga bukan sekedar merusak fisik pecandunya, tapi dapat berkembang daya rusaknya pada berbagai bidang kehidupan. Maka kampanye anti narkoba memang wajib digalakkan, agar setiap manusia dari berbagai generasi, khususnya generasi muda yang masih labil atau bahkan kurang pengetahuannya mengenai bahaya narkoba, dapat menjauhkan diri dari obat-obatan terlarang itu. Karena mengobati dan merehabilitasi para pecandu narkoba-pun tidak mudah pada akhirnya, maka mencegah lebih baik daripada mengobati. Yha menjaga kesehatan dalam hidup itu memang penting, termasuk juga ikhtiar menjaga kesehatan dan mengobati pentakit, pecandu narkoba juga termasuk orang yang terjangkiti sakit karena obat-obatan terlarang bukan.

Berbicara tentang anti narkoba dan rehabilitasi pecandu narkoba, saya baru saja browsing di google tetang pusat rehabilitasi narkoba (drug rehab center). Ada sebuah pusat rehabilitasi narkoba dan alkohol yaitu Axis Residential Treatment, yang merupakan salah satu pondok program rehabilitasi narkoba untuk pecandu narkoba dan alkohol yang top di California  (top residential California drug rehab programs for drug and alcohol addiction).sayapun mengunjungi situsnya di drug tretment dan alcohol treatment axis. Saya baca di stus tersebut, bahwa Axis itu menggunakan kombinasi unik dengan 12-step (langkah) terapi dengan sistem treatment individual untuk mengatasi seluruh pribadi, baik mental dan fisiknya.

Kelebihan dari program perawatan pecandu narkoba dan alkoho di Axis adalah sbb: Uniknya holistik narkoba atau alkohol, terdapat 12-langkah program rehabilitasi, seperti :
• Penyaringan dan penilaian (Screening and assessment )
• Detoksifikasi (Detoxification)
• Residential Treatment (Residential Treatment)
• Partial dan Intensif Pemrograman Rawat Jalan (Partial and Intensive Outpatient Programming (IOP) )
• Individu dan Konseling Group (Individual and Group Counseling)
• Intervensi Spesialis Dukungan (Intervention Specialist Support)
• Program Keluarga (Family Program)
• Kolaborasi dengan Dokter Layanan Primer (Collaboration with Primary Care Physician).
Selain itu di axis juga terdapat rancangan program pemulihan yang baik dan tepat, ditangani oleh staf yang profesional,berpengalaman, dan peduli, terdapat konseling Pribadi  dan kelompok, terdapat pula rencana (program) pengobatan indicidual, program memanajemen rasa sakit karena pemulihan dari kecanduan narkoba, dan pecandupun diberikan nutrisi makanan seimbang.Axis juga dalam  menawarkan berbagai kegiatan yang berfokus pada kesehatan dan fasilitas, seperti: Olahraga dan pelatihan pribadi (A full gym and personal training), Hiking, Yoga, dan Terapi Pijat  (Massage Therapy).

Wah kalau sistem rehabilitasinya seperti itu, tentu para pecandu narkoba maupun alkohol, dapat bangkit kembali setelah terjerumus dari candunya terhadap benda haram itu. Para pengedar narkoba dan bandar narkoba tentu pantasnya dijerat hukuman yang seberatnya karena telah membuat kerusakan pada hidup manusia, namun para pecandu narkoba baiknya memang direhabilitasi, dengan program yang tepat tentunya. Salah satunya mungkin bisa melalui program drug treatment dan alcohol treatment center axis, karena saya baca di situsnya juga bahwa axis menunjukkan cara bagaimana membangun kembali kehidupan para pecandu narkoba dan alkohol, serta memulihkan hubungan keluarga dan yang paling penting mencapai perdamaian jangka panjang. Kunjungi saja situsnya langsung untuk keterangan lengkapnya di AxisHuose drug rehab.

Program rehabilitasi yang terdapat di axis patut diacungi jempol, namun yang paling utama kemudian dalam pencegahan maupun pengobatan atau rehabilitasi narkoba tentu penanaman pendidikan agama,dan akhlak yang baik pula tentunya.

Mari bangun bangsa dan generasi yang sehat baik fisik dan juga moralnya. Jika telah terlanjur terjerumus ke dalam dunia gelap narkoba, jangan makin terpurukkan para pecandu dengan mengucilkan atau bahkan makin menjatuhkan, namun rehabilitasi, pemulihan, serta perbaikkan kembali fisik dan juga mentalnya yang seharusnya dilakukan.

update 2014: link rekomendasi situs web pada artikel ini sudah dihapus, karena website sudah tidak ada dan menjadi broken link. Tapi semoga tulisan saya nya ini masih menginspirasi ya sahabat.
Previous article
Next article

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel